4 Keunikan Makanan Tradisional Sunda dan Nama Makanannya yang Mudah Dibuat di Rumah

Bukan rahasia lagi, Indonesia populer dengan kekayaan budayanya. Salah satu kekayaan budaya Indonesia yang melegenda adalah makanan tradisional yang berbeda-beda dari setiap daerah di Indonesia.

Bisa dibilang, Indonesia memiliki nama makanan khas Indonesia dan keunikan makanan tradisional yang berbeda-beda di setiap daerah. Salah satu makanan khas nusantara yang unik adalah makanan khas Sunda. Adapun keunikan dan nama makanan khas Sunda yang mudah dibuat akan dijelaskan sebagai berikut!

4 Keunikan Makanan Tradisional Sunda dan Nama Makanannya yang Mudah Dibuat di Rumah

4 Keunikan Makanan Tradisional Sunda yang Wajib Diketahui

Memang, makanan khas nusantara memiliki keunikan tersendiri. Begitu juga dengan makanan tradisional Sunda, adapun keunikan makanan khas Sunda adalah sebagai berikut.

  • Dominan Menggunakan Sayuran Segar

Keunikan makanan tradisional Sunda yang pertama adalah masakan Sunda dominan menggunakan sayuran segar. Itu karena tradisi masyarakat Sunda dari nenek moyang memanfaatkan tumbuh-tumbuhan di sekitarnya untuk memasak. Jadi, tidak heran jika kebanyakan masakan khas Sunda menggunakan bahan utama sayuran segar.

  • Memiliki Citarasa Pedas

Bukan rahasia lagi, masakan Sunda populer dengan ragam sambalnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, itu karena sebagian besar makanan khas Sunda memiliki citarasa pedas. Bisa dibilang, rasa pedas merupakan menu andalan makanan tradisional Sunda.

  • Mengutamakan Bumbu Masakan dari Alam Sekitar

Salah satu ciri khas makanan tradisional Sunda adalah memiliki citarasa masakan yang ringan, namun tetap lezat. Itu karena masakan khas Sunda lebih mengutamakan menggunakan bumbu masakan dari alam, seperti: rempah-rempah atau tumbuh-tumbuhan yang ditanam sendiri.

  • Tergolong Makanan Tradisional yang Mudah Dibuat

Keunikan lainnya makanan Sunda adalah tergolong makanan tradisional yang mudah dibuat sendiri di rumah. Itu karena bahan utama makanan tradisional Sunda dapat diambil dari alam, seperti: sayuran untuk bahan utama Karedok dan Lotek.

Makanan Tradisional Sunda Yang Terkenal

Baca Juga —> Jajanan Wisata Kuliner Murah Di Pik 2

5 Nama Makanan Tradisional Sunda yang Mudah Dibuat Sendiri

Setelah mengetahui keunikan makanan tradisional Sunda yang mudah dibuat sendiri di rumah. Tentunya, Anda akan penasaran dengan makanan tradisional Sunda apa saja yang bisa dimasak sendiri? Untuk menjawab rasa penasaran itu, simak penjelasan berikut ini.

  • Lotek

Makanan tradisional yang mudah dibuat khas Sunda yang pertama adalah Lotek. Beberapa orang menganggap Lotek hampir sama dengan Karedok dan Gado – gado. Namun, ternyata ketiga nama makanan khas Indonesia ini berbeda.

Perbedaannya, Lotek terbuat dari sayuran yang direbus sedangkan Karedok menggunakan sayuran mentah. Cara membuat Lotek pun mudah, hanya merebus beberapa jenis sayuran. Lalu, membuat bumbunya dari campuran kacang tanah dan cabai yang dihaluskan dan ditambah air.

  • Soto Mie Bogor

Memang, soto merupakan salah satu nama makanan khas Nusantara yang di setiap daerah memilikinya. Namun, jenis soto di setiap daerah di Indonesia berbeda-berbeda, seperti: Soto Betawi, Soto Makassar, Soto Kudus hingga Soto Mie Bogor.

Perlu diketahui, Soro Mie Bogor merupakan makanan tradisional Sunda yang mudah dibuat. Itu karena bahan dasar Soto Mie Bogor mudah didapat, seperti: kacang kedelai, kentang, lobak, tomat, mie kuning, kikil, babat, kol, dan cabai merah.

  • Bakakak Hayam

Sesuai dengan namanya Bakakak Hayam, jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah ayam bekakak. Nama makanan khas Indonesia dari Sunda yang satu ini memiliki ciri khas penyajian yang unik, yaitu disajikan dengan cara dada ayam dibelah terbuka.

Cara memasak Bakakak Hayam ini berbeda-beda, ada yang digoreng atau dibakar kemudian diberi bumbu khas Sunda. Umumnya, makanan tradisional Sunda yang satu ini disajikan dengan lalapan dan sambal.

  • Nasi Tutug Oncom

Satu lagi makanan khas Nusantara yang merupakan ciri khas masakan Sunda, yaitu Nasi Tutug Oncom. Makanan khas Sunda yang satu ini berasal dari Tasikmalaya. Cara memasak makanan ini cukup mudah yaitu campur nasi dan oncom hingga merata. Pada umumnya, Nasi Tutug Oncom ini disajikan dengan cara sebagai berikut.

  1. Sayuran metah atau direbus sebagai lalapan.
  2. Ragam sambal khas Sunda, seperti: sambal terasi atau sambal hijau.
  3. Lauk pauk, seperti: ayam, tahu atau tempe goreng.
  • Asinan Bogor

Bisa dibilang, Asinan Bogor adalah Salad-nya Indonesia. Jenis makanan tradisional Sunda yang satu ini mudah dibuat, yaitu menggunakan bahan dasar buah dan sayuran yang dibumbui dengan saripati cabai merah yang diasamkan.

Itulah, keunikan makanan tradisional Sunda dan nama makanannya yang mudah dibuat sendiri. Tentunya, makanan tradisional Sunda tersebut dapat membuat perut keroncongan. Namun, tidak perlu khawatir karena makanan khas Sunda tersebut dapat dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba!